Tugas 1 - Ulasan Sejarah Mobile Phone dan Pemrograman

Sejarah Mobile Phone

Di era sekarang, hampir di setiap waktu kita menggunakan mobile phone. Model dan ukurannya pun beraneka macam dan tentunya mempengaruhi harga dari mobile phone tersebut. Mengulik kembali sejarah mobil phone, mobile phone pada generasi pertama ditemukan pada tahun 1973 dan penemunya adalah Martin Cooper. Pada generasi pertama ini mobile phone atau bisa disebut telepon genggam sering disebut juga dengan generasi 1G dan dikenal juga dengan istilah AMPS (frekuensi antara 825 Mhz hingga 894 Mhz). Namun, Anda mungkin tidak tahu bahwa sejarah telepon seluler sebenarnya dimulai pada tahun 1908 ketika Paten AS dikeluarkan di Kentucky untuk telepon nirkabel. Telepon seluler ditemukan pada awal tahun 1940-an ketika para insinyur yang bekerja di AT&T mengembangkan sel untuk stasiun pangkalan telepon seluler. Ponsel pertama sebenarnya bukanlah ponsel sama sekali. Itu adalah radio dua arah yang memungkinkan orang-orang seperti supir taksi dan layanan darurat untuk berkomunikasi. Alih-alih mengandalkan stasiun pangkalan dengan sel terpisah (dan sinyal diteruskan dari satu sel ke sel lainnya), jaringan telepon seluler pertama melibatkan satu stasiun pangkalan yang sangat kuat yang mencakup wilayah yang jauh lebih luas.


Berikut linimasa perjalanan sejarah mobile phone:

1973: Ponsel Pertama Diciptakan

Telepon seluler mendahului telepon pintar dalam perjalanan menuju teknologi digital portabel. Martin Cooper dari Motorola melakukan panggilan telepon seluler pertama pada bulan April 1973. Meskipun penggunaan telepon portabel tidak dilakukan selama sepuluh tahun berikutnya, perkembangan ini membuka jalan bagi kemajuan lebih lanjut dalam komunikasi seluler.

1984: Perangkat Seluler Portabel Pertama

Hampir 40 tahun yang lalu, Motorola meluncurkan DynaTAC 8000X – ponsel pertama. Dengan banderol harga $4.000, produk ini tidak ditakdirkan untuk menjadi barang yang wajib dimiliki oleh masyarakat umum. Beratnya mencapai dua pon, sehingga mendapat julukan "The Brick". Daya tahan baterainya? hanya 30 menit.


DynaTAC 8000X sebagian besar merupakan simbol status. Meskipun demikian, ini merupakan langkah besar dalam evolusi ponsel pintar. Jadi kapan smartphone keluar?

1992: Ponsel Cerdas Pertama

IBM mengumumkan ponsel pintar pertama pada tahun 1992, banyak fitur yang familiar bagi pengguna ponsel pintar modern, seperti layar sentuh yang memerlukan stylus. Namun, dengan layar LCD monokrom kecil dan daya tahan baterai satu jam, SPC masih tergolong primitif dibandingkan smartphone masa kini.

1994: Bentuk Aplikasi Ponsel Cerdas Paling Awal

IBM Simon akhirnya memasuki pasar pada tahun 1994. Dengan banderol harga $1.100, itu jauh lebih murah daripada DynaTAC 8000X tetapi hanya terjual sekitar 50.000 dalam enam bulan pertama. Selain itu, penggunaannya sangat terbatas – hanya berfungsi di 15 negara bagian AS. Meskipun tidak sebesar ponsel sebelumnya, SPC tetap besar dan berbentuk kotak.


Salah satu aspek yang lebih revolusioner dari SPC adalah setiap ponsel dilengkapi dengan kalender, buku alamat, kalkulator, email, notepad, dan fitur lainnya.

2000: Ponsel Kamera Pertama

Di awal milenium baru, Sharp memperkenalkan keajaiban ponsel kamera kepada dunia. Meskipun J-SH04 hanya tersedia di Jepang, namun ini mewakili awal dari hubungan cinta antara pengguna ponsel dan fotografi. Dan dengan berat hanya empat ons, J-SHO4 selangkah lebih dekat dengan ponsel ramping dan ramping masa kini. Tidak mengherankan, kualitas fotonya jauh dari apa yang diharapkan oleh pengguna ponsel pintar modern: kameranya hanya 110.000 piksel.

2001: Telepon Seluler Mengakses Internet

Akhirnya, ponsel pintar dan Internet bertemu. Untuk pertama kalinya pada tahun 2001, smartphone dapat terhubung secara nirkabel dengan jaringan 3G. Kemampuan ini membuka dunia baru bagi pengguna ponsel cerdas, yang kini dapat mengirim lampiran email dan konferensi video dengan perangkat seluler mereka. Namun evolusi ini tidak murah. Meskipun perangkat seluler sekarang berharga sekitar $300-$700, biaya data terbukti tidak dapat diakses oleh sebagian besar pengguna.

2007: Apple Menggigit Pasar Smartphone

Tahun 2007 adalah tahun yang membawa perubahan bagi ponsel pintar. Steve Jobs mengumumkan iPhone pertama di dunia pada konvensi Macworld bulan Januari. Iterasi pertama mencakup layar sentuh, iPod, kamera, kemampuan akses internet penuh (yang pertama!) dan layar LCD lebar yang dirancang untuk video. Itu ramping, ringan dan tersedia dalam model 4GB ($499) dan 8GB ($599).

2008: Ponsel Cerdas Android Pertama

Smartphone Android pertama adalah HTC Dream, juga dikenal sebagai T-Mobile G1. Kolaborasi antara HTC dan Google, berjalan pada Android 1.0, versi pertama sistem operasi Android.


HTC Dream menampilkan layar sentuh 3,2 inci, keyboard QWERTY yang dapat digeser, dan kamera 3,2 megapiksel. HTC Dream adalah perangkat pertama yang memiliki fitur Android Market, yang kemudian menjadi Google Play Store. Ini adalah perangkat inovatif yang menandai dimulainya era Android, dan membuka jalan bagi banyak ponsel pintar Android setelahnya.

2020: Ponsel Pintar Modern

Ponsel modern memiliki lebih banyak memori, kecepatan, dan kekuatan dibandingkan yang dibayangkan sebelumnya, dan banyak sekali aplikasi yang tersedia dan dimonetisasi. Kamera ponsel cerdas mengambil gambar berkualitas profesional (termasuk selfie) dan mengalirkan musik, video, dan game dengan mudah. Selain itu, akses 24/7 ke media sosial saat bepergian telah mengubah hubungan dan interaksi kita selamanya.



Sejarah Pemrograman

Pemrograman telah berkembang pesat sejak diperkenalkan pada abad ke-19, dengan teknologi dan inovasi baru yang mendorong evolusinya. Pemrograman salah satu hal yang penting karena memungkinkan kita membuat perangkat lunak, situs web, aplikasi seluler, game, dan banyak produk digital lainnya yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Bahasa pemrograman pertama dikembangkan pada tahun 1883 ketika Ada Lovelace dan Charles Babbage bekerja sama pada Analytical Engine, yang merupakan komputer mekanis primitif. Lovelace mampu memahami pentingnya angka, menyadari bahwa angka dapat mewakili lebih dari sekedar nilai numerik suatu benda. Lovelace menulis algoritma untuk Analytical Engine, program komputer pertama, yang menghitung bilangan Bernoulli. 

(Ada Lovelace, Programmer Pertama di Dunia)

Pada awalnya Charles Babbage telah membuat alat tersebut, namun ia bingung bagaimana memberikan instruksi pada mesin tersebut, kemudian Ada Lovelace menulis instruksi untuk mesin analitik tersebut. Perangkat tersebut dibuat oleh Charles Babbage dan kodenya ditulis oleh Ada Lovelace untuk menghitung bilangan Bernoulli. Pertama kali dalam sejarah kemampuan perangkat komputer dinilai.

Selanjutnya, pada tahun 1949, Bahasa Assembly pertama kali digunakan sebagai jenis bahasa pemrograman komputer yang mampu menyederhanakan bahasa kode mesin, yang diperlukan untuk memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan. Ini adalah jenis bahasa tingkat rendah, yang terdiri dari instruksi (semacam simbol) yang hanya dapat dipahami oleh mesin. Saat ini bahasa assembly juga digunakan dalam program real-time seperti simulasi sistem navigasi penerbangan dan peralatan medis misalnya – sistem Fly-by-wire (FBW). Itu juga digunakan untuk membuat virus komputer. Kemudian pada tahun 1952 Alick Glennie mengembangkan Autocode, yang oleh sebagian orang dianggap sebagai bahasa pemrograman komputer terkompilasi pertama. Artinya dapat diterjemahkan langsung ke dalam kode mesin. John Backus menciptakan FORTRAN pada 1957, yang merupakan bahasa pemrograman komputer untuk mengerjakan proyek ilmiah, matematika, dan statistik.

Tidak berhenti di situ saja, perkembangan programming terus berlanjut. Selang satu tahun kemudian, yaitu 1958, Algol diciptakan sebagai bahasa algoritmik. ALGOL adalah singkatan Bahasa ALGOritmik. Fase awal dari bahasa pemrograman terpopuler C, C++, dan JAVA. Itu juga merupakan bahasa pertama yang mengimplementasikan fungsi bersarang dan memiliki sintaks yang lebih sederhana daripada FORTRAN. Bahasa pemrograman pertama yang memiliki blok kode seperti “begin” yang menunjukkan bahwa program Anda telah dimulai dan “end” berarti Anda telah mengakhiri kode Anda. Lalu pada tahun 1959, muncul COBOL dan LISP. COBOL diciptakan oleh Dr. Grace Murray Hopper untuk menjadi bahasa yang dapat beroperasi di semua jenis komputer. John McCarthy menciptakan LISP, yang masih digunakan sampai sekarang. Bahasa pemrograman ini dirancang untuk digunakan dalam penelitian kecerdasan buatan, dan saat ini dapat digunakan dengan Python dan Ruby.

Kemudian pada tahun 1964, John G. Kemeny dan Thomas E. Kurtz mengembangkan BASIC untuk siswa yang tidak memiliki latar belakang kuat di bidang teknologi dan matematika, sehingga memungkinkan mereka untuk tetap menggunakan komputer. Pada tahun 1970, Niklaus Wirth mengembangkan Pascal, menamakannya setelah Blaise Pascal. Bahasa ini mudah dipelajari dan merupakan bahasa utama yang digunakan Apple untuk pengembangan perangkat lunak awal. Halaman Bahasa Pascal. Pada tahun 1972, Alan Kay, Adele Goldberg, dan Dan Ingalls mengembangkan Smalltalk, yang memungkinkan pemrogram komputer mengubah kode dengan cepat. Dan masih di tahun yang sama, Dennis Ritchie mengembangkan C, yang secara umum dianggap sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama. Artinya, ini lebih mirip dengan bahasa manusia dan tidak seperti kode mesin. Ini adalah bahasa pemrograman prosedural untuk tujuan umum dan bahasa pemrograman paling populer hingga saat ini. Semua kode yang sebelumnya ditulis dalam bahasa assembly akan digantikan oleh bahasa C seperti sistem operasi, kernel, dan banyak aplikasi lainnya. Dapat digunakan dalam implementasi sistem operasi, sistem tertanam, dan juga pada website menggunakan Common Gateway Interface (CGI). C adalah induk dari hampir semua bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti C#, D, Go, Java, JavaScript, Limbo, LPC, Perl, PHP, Python, dan shell C Unix.

Beberapa bahasa pemrograman lain yang populer di kalangan programmer tercantum di bawah ini:


Perjalanan bahasa pemrograman Android telah mengalami evolusi signifikan sejak pertama kali diperkenalkan. Pada tahun 2008, Google meluncurkan sistem operasi mobile Android yang mendukung aplikasi pihak ketiga. Untuk memungkinkan pengembangan aplikasi yang lebih luas, Google menghadirkan Android Software Development Kit (SDK). SDK memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi yang berjalan pada platform Android. Selain Kotlin, Google juga terus mengembangkan bahasa pemrogaraman Android Jetpack. Jetpcak adalah kumpulan komponen, alat, dan panduan modern yang mempermudah pengembangan aplikasi Android. Jetpack menyediakan beragam komponen yang membantu pengembang dalam membangun aplikasi yang lebih efisien, stabil, dan mudah dirawat. Dengan adanya evolusi ini, bahasa pemrograman Android telah bertransformasi menjadi platform yang kuat dan komprehensif untuk pengembangan aplikasi mobile.

Referensi:

https://www.uswitch.com/mobiles/guides/history-of-mobile-phones/

https://blog.textedly.com/smartphone-history-when-were-smartphones-invented

https://www.gramedia.com/literasi/penemu-handphone/

https://selular.id/2021/06/menguak-sejarah-ponsel-dari-masa-ke-masa/

https://www.geeksforgeeks.org/the-evolution-of-programming-languages/
https://redirect.cs.umbc.edu/courses/331/fall08/0101/notes/02/02history.pdf
https://www.hp.com/us-en/shop/tech-takes/computer-history-programming-languages
https://dce.telkomuniversity.ac.id/bahasa-pemrograman-android-bagaimana-sejarahnya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 3 - Membuat Aplikasi Ucapan Ulang Tahun

Tugas 2 - Membuat Program Android Sederhana